The Potential of the Application of Digital Strip Comic Media to Writing Skills Reviewed from Learning Interest
Abstract
Keterampilan menulis dan peningkatan minat belajar peserta didik menjadi fokus utama dalam peningkatan kompetensi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan media komik strip digital terhadap keterampilan menulis ditinjau dari minat belajar peserta didik efektif atau tidak. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, menggunakan artikel yang diambil secara acak dari jurnal terindeks Q1-Q4 di publisher Elsevier (ScienceDirect), 11 artikel final dianalisis. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa komik digital tidak hanya meningkatkan pemahaman struktur cerita dan ekspresi kreatif, tetapi juga secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa melalui sifat multimedianya, menggabungkan elemen visual dan tekstual yang mendukung berbagai gaya belajar. Faktor keberhasilan meliputi desain instruksional yang efektif, infrastruktur teknologi yang tepat, dan pendekatan pembelajaran aktif. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan komik strip digital sebagai media pembelajaran berpotensi untuk meningkatkan kualitas pengajaran menulis dan minat belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.