The Effectiveness of Multimodal-Based Indonesian Language Learning on Class IV Literacy Reading Comprehension

Tenni Puji Lestari, St. Y. Slamet, Fadhil Purnama Adi

Abstract

Pelajaran bahasa Indonesia memerlukan model pembelajaran yang mudah dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multimodal terhadap literasi membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 73 peserta didik kelas IV di SD Negeri kecamatan Manyaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi (R) = 0.416 artinya ada hubungan linear positif antar variabel; koefisien determinasi R Square = 0,871, artinya pembelajaran berbasis multimodal memberikan pengaruh 87,1% terhadap literasi membaca pemahaman. Nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 2,318 > t tabel 1.667, artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multimodal efektif terhadap literasi membaca pemahaman kelas IV di SD Negeri kecamatan Manyaran.

Keywords

Pembelajaran, multimodal, literasi baca tulis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.