Potential and Challenges of Differentiated Learning: Systematic Literature Review

Indar Kusrini, Peduk Rintayati, Moh Salimi

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah dapat disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan belum disesuaikan dengan kebutuhan dan karakterisik peserta didik. Pembelajaran yang dilakukan perlu disesuaikan dengan karakteristik dan keunikan peserta didik agar mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi dan tantangan pembelajaran berdiferensiasi bagi peserta didik. Metode penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah systematik literature review. Jumlah artikel penelitian yang diteliti berjumlah 15 artikel. Artikel tersebut diperoleh dari Science direct dan Google scholar. Kriteria artikel yang diteliti daam penelitian ini adalah tipe reseacrh article yang diterbitkan pada tahun 2019-2024, memiliki struktur yang lengkap, open acces serta menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik untuk secara sistematis mengeksplorasi hubungan antara konsep yang diidentifikasi. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi berpotensi meningkatkan efisiensi dan mengurangi ketimpangan dalam sistem pendidikan. Pembelajaran berdiferensiasi juga mampu mengembangkan keingintahuan atau kreativitas peserta didik. Pembelajaran tersebut dapat memenuhi kebutuhan peserta didik karena pelaksanaanya menyesuaikan kebutuhan individu peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi juga dapat meningkatkan kemampuan komputasional, penyelesaian masalah, dan hasil belajar peserta didik. Tantangan yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi adalah kurangnya waktu yang diperlukan, manajemen kelas, dan strategi pembelajaran yang tepat dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, tantangan yang perlu dihadapi adalah bahan ajar yang masih minim. Pembelajaran berdiferensiasi secara keseluruhan dapat mengembangkan keterampilan dan hasil belajar peserta didik dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian ini dapat berkontribusi dalam peningkatan kemampuan dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Keywords

Pembelajaran berdiferensias, potensi, systematic literature review, tantangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.