A Systematic Literature Review of School Literacy Movement Policies: Hope and Reality

Anita Cahyani, St. Y. Slamet, Sudiyanto Sudiyanto

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GSL) merupakan kebijakan yang berdampak positif bagi peningkatan literasi siswa. Namun, implementasinya seringkali menghadapi berbagai tantangan dan menunjukkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan GSL dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di berbagai jenjang pendidikan, baik lokal (Indonesia) maupun global. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dengan 17 artikel akhir yang diterbitkan antara tahun 2020-2024 (5 tahun terakhir) yang dianalisis. Penerapan GLS, baik di tingkat internasional maupun lokal di Indonesia, telah menunjukkan dampak positif terhadap hasil belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan literasi. Namun, ada kesenjangan antara ekspektasi dan kenyataan dalam penerapan GLS yang perlu diatasi. Perbedaan utama antara implementasi di tingkat internasional dan lokal terletak pada fokus kurikulum, pendekatan implementasi, dan tantangan yang dihadapi. Di tingkat internasional, fokusnya lebih pada literasi kritis dan pemikiran global, sedangkan di Indonesia lebih ditekankan pada kebiasaan membaca dan pengembangan minat baca dasar.

Keywords

Gerakan Literasi Sekolah, Tinjauan Literatur Sistematis, Kebijakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.