Literature Review: Potential and Challenges of Learning Using Smart Apps Creator (SAC) for Students
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan literasi peserta didik perlu ditingkatkan karena keduanya merupakan keterampilan abad 21 yang penting untuk menghadapi tantangan perubahan zaman dan perkembangan teknologi, namun saat ini kemampuan tersebut belum sesuai tujuan, sehingga media digital diperlukan untuk menunjang proses belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui potensi dan tantangan implementasi pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator (SAC) bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan literatur review. Artikel yang dipilih untuk ditinjau berjumlah 15 yang dipublikasikan pada tahun 2019-2024. Artikel tersebut diperoleh dari Eric Journal dan Google Scholar. Kriteria artikel yang ditinjau antara lain merupakan research article, memiliki struktur yang lengkap, open access, menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat mengembangkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Pengembangan aplikasi SAC juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan problem solving peserta didik. Tantangan yang dihadapi dalam implementasi SAC antara lain keterampilan dan persiapan guru dalam mengembangkan aplikasi SAC dengan unsur lain agar lebih menarik dan fasilitas sekolah yang kurang memadai. Secara keseluruhan, Smart Apps Creator (SAC) dapat menjadi solusi untuk guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga hasil belajar dan literasi peserta didik meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.