Development of a STEAM-Based E-Module Flipbook for Elementary Science Education on Electricity Topics

Fatimah Kusumarani, Sarwanto Sarwanto, Sri Marmoah

Abstract

Penggunaan bahan ajar pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar yang belum bervariasi sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang kurang menarik perhatian peserta didik khususnya pada materi listrik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan e-modul flipbook berbasis STEAM pada materi listrik kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Objek yang akan diteliti yaitu bahan ajar e-Modul bebasis STEAM sedangkan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil uji kelayakan e-modul flipbook berdasarkan hasil review ahli isi mata pelajaran sebesar 90,25% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review ahli bahasa sebesar 89,60% dengan kualifikasi sangat baik, hasil review ahli media pembelajaran sebesar 88,20% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92.80% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba lapangan sebesar 89,50% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi, e-modul flipbook berbasis STEAM efektif meningkatkan hasil belajar IPAS materi listrik kelas V dan termasuk kedalam kategori sangat valid dan sangat praktis.

Keywords

E-Modul Flipbook, STEAM, Listrik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.