Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Mengomunikasikan Hasil Karya Pantun Siswa Kelas V di SD Negeri Sambirejo
Abstract
Keterampilan komunikasi merupakan aspek yang ditekankan dalam pembelajaran abad 21. Pembelajaran di sekolah dasar salah satunya yaitu tentang pantun. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan hasil karya pantun dengan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan PTK selama dua siklus yang terdiri dari serangkaian tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 28 peserta didik kelas V SD Negeri Sambirejo. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan berupa model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Pratindakan menunjukkan keterampilan mengomunikasikan hasil karya pantun sebesar 35,71%. Siklus I pertemuan pertama diperoleh presentase ketuntasan 49,99%, pertemuan kedua 67,86%. Penelitian siklus II pertemuan pertama persentase ketuntasan 75%, pertemuan kedua 89,29%. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan menomunikasikan hasil karya pantun pada peserta didik kelas V SD Negeri Sambirejo.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.