Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas Rendah dengan Model Pembelajaran Problem Based Laerning (PBL)

Anjalari Yeni Maryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi memahami bacaan pada pembelajaran basa Jawa melalui penerapan model pembelajaran PBL. Pada Capaian Pembelajaran mengintegrasi belajar sambil bermain kata ini diharapkan akan dapat meningkat adanya penerapan metode pembelajaran yang inovatif yaitu penerapan metode kooperatif learning dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan kepada 23 peserta didik yang sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning (BPL) diperoleh ketuntasan belajar sebesar 86,9% dan setelah menerapkan model pembelajaran PBL diperoleh ketuntasan sebesar 69,5% pada siklus 1 dan 89,9 % pada siklus 2. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan hasil belajar kompetensi pembelajaran peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL bagi peserta didik kelas 1 semester 2 SD Al Azhar Syifa Budi Solo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Keywords

hasil belajar, Model Pembelajaran PBL, bahasa jawa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.