Upaya Peningkatan Keterampilan Bercerita Bahasa Indonesia Melalui Media Buku Gambar Pop Up Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Munggur Tahun Pelajaran 2023/2024

Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema 5 “Pengalamanku” Sub Tema 1 “Pengalamanku di Rumah” Mata Pelajaran Matematika melalui strategi Talking Stick pada siswa kelas II SDN 01 Perengtahun pelajaran 2020/2021. Sumber penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN  01 Pereng. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah data nilai motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Adapun peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I, sedang 7 siswa (58,33%), dan tinggi 5 siswa (41,67%). Siklus II, motivasi siswa sedang 1 siswa (8,33%), tinggi 9 siswa (75%), dan sangat tinggi 2 siswa (16,67%). Siklus III, siswa yang termotivasi tinggi 4 siswa (33,33%) dan sangat tinggi 8 siswa (66%). Adapun prosentase ketuntasan belajar juga ada peningkatan dari tiap siklusnya. Siklus I, siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 siswa, dengan prosentase ketuntasan belajar 41,67%. Pada siklus III, siswa yang tuntas belajar sebanyak 10 siswa, dengan prosentase ketuntasan belajar 83,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui strategi Talking Stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II SDN 01 Pereng tahun pelajaran 2020/2021.

Keywords

motivasi belajar, hasil belajar, strategi Talking Stick

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.