Upaya Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode CTL dengan Media Video pada Siswa Kelas 3 SD Islam Darussalam

Karina Prihapsari

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 3 SD Islam Darussalam Surakarta, dikarenakan adanya permasalahan yaitu kemampuan belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia khusunya kemampuan menulis cerita pendek yang masih rendah. Melalui media video dan metode pembelajaran CTL permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap observasi, observer melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas peneliti dan siswa dalam prose pembelajaran melalui penggunaan metode CTL dan media video pada pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode CTL dan media video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi.

Keywords

Metode CTL, Video, menulis, cerita pendek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.