Peningkatan Hasil Belajar Matematika Faktor dan Kelipatan Melalui Pembelajaran Aktif Metode Peer Lesson

Anisa Dika Icmawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi faktor dan kelipatan menggunakan pembelajaran aktif Metode peer lesson peserta didik kelas IVB SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarakan hasil analisis data menunjukkan pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada kondisi awal menunjukkan rata-rata 71,67 dengan presentasi ketuntasan klasikal 55%. Pada siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 73,94 dengan persentasi ketuntasan klasikal 72,2%. Data siklus II rata-rata sebesar 81 dengan ketuntasan klasikal 94%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif Metode peer lesson dapat meningkatkan hasil belajar materi faktor dan kelipatan peserta didik kelas IVB SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari

Keywords

Hasil belajar, Pembelajaran aktif, Metode Peer Lesson

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.