Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) guna menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA

Novana Herputranti

Abstract

Artikel ini sebagai kajian literature review bertujuan mengetahui keterkaitan project based learning dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Pada saat ini, kegiatan belajar mengajar masih banyak yang menggunakan model konvensional, dimana guru yang mendominasi proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik & bervariatif, sehingga peserta didik kurang bersemangat dalam belajar. Peserta didik sendiri bersikap pasif, hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru. Proses pembelajaran IPA di sekolah dasar perlu adanya interaksi yang aktif dan bermakna antara guru dan peserta didik. Untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif, guru perlu meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran, salah satunya dengan mengadakan variasi dalam mengajar agar tercipta proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat termotivasi dalam belajar. Salah satunya dapat menggunakan model pembelajaran IPA yang dapat merangsang rasa ingin tahu peserta didik dalam belajar yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.

Keywords

Project Based Learning, motivasi belajar, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.