Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika SD Negeri Cidadap 01 Karangpucung
Abstract
Hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Cidadap 01 pada pembelajaran matematika masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang disebabkan perhatian peserta didik terhadap materi yang disampaikan pendidik masih kurang. Oleh karena itu diberikan reward dan punishment supaya perhatian peserta didik lebih baik lagi. Reward diberikan bagi peserta didk yang melakukan perbuatan yang positif dalam pembelajaran, dan punishment diberikan bagi peserta didik yang melakukan perbuatan negatif dalam pembelajaran. Dengan pemberian reward dan punishment diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang timbul setelah dilakukan proses belajar mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 01 Cidadap Kecamatan Karangpucung dengan menggunakan teknik cluster random sampling dalam penentuan samplingnya. Populasi dalam penelitian ini derjumlah 231 peserta didik. Analisa data hasil penelitian dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata pada saat pengerjaan soal post test sebesar 26.8% dibanding nilai rata rata pengerjaan soal pre test. Yaitu pada saat pretest nilai rata rata yang dicapai hanya 4,01 sedangkan pada saat post test nilai rata-rata mencapai 5,2. Simpulannya pemberian reward dan punishment dapat memberikan pengaruh posiif terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika SD negeri Cidadap 01
Keywords
References
Asep, J., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Gagne, Briggs J. (2008). Principles of Instructional Design, Second Edition, (New York: Holt Rinehart and Winston).
Harun, AR. (2010). Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Padjajaran.
Heinich, Robert, et al. (1999). Instructional Media and Technology for Learning, (New Jersey : Prentice Hall.
Henry Clay Lindgren, Educational Psychology in the Classroom, (Toronto : John Wiley & Sons, Inc., 1976)
Humalik, O.2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Karso dkk. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Universitas Terbuka, 2009
Kartasasmita,B., dkk. 1993. Kamus Matematika Dasar. Jakarta: Perpustakaan Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa.
Kelishadroky, AF, dkk. “The role of Reward and Punishment in Learniang”. International Journal of Advanced Biotechnology an Research , Vol.7 No.2 (April, 2016)
Nasution, S. (1982). Azas-azas Kurikulum. Bandung: Jemars.
Roestiyah,N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rosyid, Zaiful,M., Mustajab, Aminol. 2019. Prestasi Belajar. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.
Sadulloh, U., dkk.2011.Pedagogik (Ilmu Mendidik).Bumi Siliwangi: Alfabeta
Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Prroses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algerindo Offset
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosidakarya
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A 2013. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Umar, H. 2002. “Metodologi Penelitian”, Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Usman, M.U. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winkel,W.S.1983. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia
Yana, D., dkk. “Pemberian Reward dan Punishment sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi siswa kelas V SDN 15 Lhokseumawe”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah volume 1 nomor 2 (Oktober , 2016)
Refbacks
- There are currently no refbacks.