The Development of M-Learning Based On Edmodo To Improve The Learning Result And Writing Skill

Umi Kultsum

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran m-learning edmodo untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan menulis IPS Kelas V. Prosedur penelitian meliputi analyze, design, development, implementation, evaluation. Subyek penelitian siswa kelas V SDN 2 Limbangan sebanyak 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumen, tes. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran m-learning edmodo layak digunakan dengan skor kelayakan isi materi 84, kelayakan penyajian media 87. Media m-learning berbasis edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata uji 17,329 dan n-gain 0,70 dengan kriteria sedang. Media pembelajaran m- learning edmodo berpengaruh terhadap keterampilan menulis dengan perbedaan rata-rata uji t sebesar 13,175 dan peningkatan rata-rata sebesar 45,25%. Dan pada uji hipotesis pengaruh media pembelajaran m-learning edmodo terhadap hasil belajar dan keterampilan menulis muatan IPS melalui uji chi square diperoleh sebesar 97,053 dan probabilitas signifikan sebesar 0,414.

Simpulan penelitian ini m-learning edmodo berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan menulis muatan IPS Kelas V.

Keywords

Edmodo; Hasil Belajar IPS; Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.