Learning Model Based On Ipa Class III SD Negeri 5 Sendangharjo Subject In Improving Students’ Creative Thinking Ability

Nur Indah Cahyaning Tyas

Abstract

Studi literatur ini membahas tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III Sekolah Dasar.Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III Sekolah Dasar.Desain penelitian ini menggunakan metode Systematic Literatur Review (SLR). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif,kemudian dipilih,disajikan,dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis.Setelah data terkumpul dilakukan pengujian dan perbandingan data yang ditemukan.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai.Implikasi pada studi literatur ini sebagai salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa dalam proses pembelajaran IPA dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran.

Keywords

Model Pembelajaran Berbasis Proyek,Kemampuan Berpikir Kreatif,Pembelajaran IPA SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.