The effect of the Discovery Learning method on science learning outcomes

Novitasari Novitasari

Abstract

Masalah umum terkait dengan kajian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi hasil belajar dalam pelajaran IPA SD. Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang meningkatkan pada kontruktivisme, tentang pentingnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa dan guru dapat aktiv dalam proses pembelajaran. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA. Pada pengambilan metode pembelajaran discovery learning dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif, memiliki rasa ingin tahu dalam melakukan percobaan, banyaknya pertanyaan yang diajukan siswa. Berdasarkan hasil kajian dengan penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA SD menunjukan adaya peningkatan pada minat belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA SD.

Keywords

meningkatkan hasil belajar, discovery learning, kontruktivisme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.