Model Problem Based Learning on IPA Class V SD Negeri Jati 1 Sumberlawang Subject In Improving Students’ Activity and Learning Outcomes Ability

Rika Hapsari

Abstract

Studi literatur ini membahas tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode Systematic Literatur Review (SLR). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar, kemudian dipilih, disajikan, dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis. Setelah data terkumpul dilakukan pengujian dan perbandingan data yang ditemukan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Implikasi pada studi literatur ini sebagai salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada siswa dalam proses pembelajaran IPA dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran.

Keywords

PBL, Keaktifan dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.