Problem Based Learning in Mathematics Learning in First Grade Elementary Schools

Rujiah Rujiah

Abstract

Keterampilan abad 21 dibedakan menjadi empat atau kita kenal dengan istilah 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creative Thinking and Innovation, Collaboration, Communicatin). Keterampilan berpikir kritis dapat diimplementasikan dengan pembelajaran berbasis HOTS (High Order Thinking Skill). Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mendukung ketercapaian pembelajaran berorientasi HOTS, yaitu dengan merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang mampu membentuk rasa ingin tahu, perilaku saintifik dan sosial peserta didik. Salah satu rujukan model pembelajaran berorientasi HOTS berdasar Permendikbud No. 22 Tahun 2016 adalah Problem Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Masalah).Tahapan kajian literatur ini adalah definisi,sintaks/langkah-langkah pembelajaran Problem Based Learning,kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Problem Based Learning,implementasi Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika dan kesimpulan. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang direkomendasikan dalam pembelajaran Matematika di tingkat SD karena dapat mendukung peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik melalui penyelidikan dan pemecahan masalah yang berimplikasi pada perkembangan konstruksi pengetahuan peserta didik.

Keywords

Problem Based Learning, Matematika SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.