Critical Thinking Ability of Grade IV SD Students in Mathematics

Sarmuntatik Sarmuntatik

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dalam muatan pelajaran Matematika merupakan kemampuan yang perlu dimiliki siswa sekolah dasar sebagai bekal menghadapi tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam muatan pelajaran Matematika di SD Negeri 3 Brabowan Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripitif. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubermen. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji confirmability. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam muatan pelajaran Matematika di SD Negeri 3 Brabowan terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu berkemampuan rendah, menengah dan tinggi masing masing dibedakan oleh pengetahuan siswa.

Keywords

Kemampuan berpikir kritis, matematika, kelas IV

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.