Efforts To Increase The Learning Achievement Of Students In Subject Subject On Historical Figures In The Hindu-Budhastic And Islamic Period In Indonesia Through STAD Cooperative Learning Model In Class V Semester I SD Negeri 3 Cikakak District Wangon, Banyumas District, Academic Year 2021/2022

Sugiarti Sugiarti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar IPS siswa rendah pada materi Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Masalah yang menjadi fokus perbaikan adalah : Bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS pada materi Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif STAD di kelas V semester I SD Negeri 3 Cikakak Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2021/2022? Penelitian dilakukan melalui proses yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Perbaikan pembelajaran ini dilakukan dalam 2 siklus. Kriteria keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 75 % nilai siswa mencapai KKM dan siswa tuntas belajar apabila memperoleh nilai 6,00 ke atas.Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD, yaitu pada kondis i awal nilai siswa mencapai KKM sebesar 45,45 % menjadi 68,18 % pada siklus I dan 90,90 % pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata ulangan siswa pada kondisi awal 55,91 menjadi 58,90 pada siklus I dan 66,36 pada siklus II.

Keywords

IPS, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif STAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.