Improving Understanding of Students' Concept of Low Students in Materials of Operating Number Multiplication and Distribution Fractions Using NHT (Number Head Together) Model in Class 4 SD Negeri 1 Grabagan Academic Year 2021/2022

Krestianik Krestianik

Abstract

Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Yang Rendah Pada Materi Opersi Bilangan Perkalian Dan Pembagian Pecahan Menggunakan Model NHT(Number Head Together) Di Kelas 4 SD Negeri 1 Grabagan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Grabagan tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Grabagan tahun 2021/2022 yang terdiri dari 19 siswa. Metode yang akan digunakan dalam pembelajaran ini adalah ceramah, demonstrasi, diskusi kelompok, dan penugasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model NHT (Number head Together)dapatmeningkatkanhasilbelajarMatematikamateriperkaliandanpembagian pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Grabagan tahun ajaran 2021/2022. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 79,25% dan siklus II sebesar 91,47%. Jadi, model NHT (Number Head Together) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika

Keywords

Number Head Together, Hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.