Problem Based Learning (PBL Model In Improving Elementary Student Learning

Etry Apriyani

Abstract

Penggunaan metode mengajar yang tepat akan membantu dalam meningkatkan hasil bealajar siswa, oleh karena itu penggunaan metode pembelajaran PBL sangat tepat diguakan pada kondisi sekarang dalam upaya peningkatan berpikir siswa dalam belajar, sebab proses pembelajaran PBL menuntut siswa lebih aktif dalam belajar dan mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi oleh siswa. Model Problem Based Learning (PBL) adalah pembelajaran yang dimulai dengan masalah autentik (nyata) yang sesuai dengan materi pelajaran sehingga dapat melatih siswa untuk berfikir secara kritis dalam memecahkan suatu permasalahan, serta dapat memupuk keterampilan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.Ada empat hal yang memungkinkan model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.Pertama, model PBL menjadikan masalah sebagai starting point pembelajaran sekaligus sebagai sumber belajar utama.Masalah sebagai sentrum pengorganisasian proses dan pengalaman belajar mendorong dan menumbuhkan rasa ingin tahu, inkuiri, dan kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah tersebut. Berdasarakan beberapa penelitian menunjukan penggunaan metode PBL ini sangat signifikan terutama terhadap peningkatan belajar siswa karena dengan metode ini siswa langsung belajar terhadap apa yang sedang dihadapinya.

Keywords

Model Pembelajaran dan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.