TGT Type Cooperative Learning As an Effort To Improve Student Learning Outcomes on Material Identifying My Daily Tasks At Home

Dwi Indri Yulianti

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Materi  mengidentifikasi Tugasku Sehari-hari dirumah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas II SDN Panikel 02 Kampung Laut.  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tugasku Sehari-haeri Siswa Kelas II SDN Panikel 02 Kampung Laut.  Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatkan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka diharapkan guru lebih bisa membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT yang lebih menarik, bervariasi, dan inovatif.

Keywords

hasil belajar, Pendekatan Kooperatif TGT, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.