Teacher’s Strategy in Overcoming Difficulties in Understanding Mathematics Learning Concepts in Class VI Students of SDN 4 Mendenrejo

Triyani Agus Sayekti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan memahami konsep belajar matematika pada peserta didik kelas VI SDN 4 Mendenrejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis diskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI dan peserta didik 12 orang kelas VI SDN 4 Mendenrejo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan redukdi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru mengatasi kesulitas memahami matematika peserta didik yaitu: mengenali kelemahan peserta didik pada materi matematika tersebut, memberi semangat dan motivasi kepada peserta didik yang mengalami menggunakan media pembelajaran seperti media audio visual, dan menggunakan media pembelajaran konkret serta memberikan tugas/Latihan kepada peserta didik.

Keywords

Strategi Guru, Kesulitan Memahami Konsep Belajar, Matematika SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.