Improving Telling Skills Using Hand Puppet Media

Nur Farida Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita menggunakan media boneka tangan siswa kelas III SD Negeri Wates 5.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes unjuk kerja berupa tes bercerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa mengalami peningkatan melalui penggunaan media boneka tangan. Pada prasiklus nilai rata-rata keterampilan bercerita 67,85 meningkat menjadi 76.42 pada siklus I dan 86,42 pada siklus II. Persentase siswa yang sudah mencapai KKM keterampilan bercerita juga mengalami peningkatan dari 78% pada prasiklus meningkat menjadi 85% pada siklus I dan 93% pada siklus II.

Keywords

keterampilan bercerita, media boneka tangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.