Analysis of Beginning Reading Difficulties in Grade 1 Students of SDN Karangmojo 02

Indah Meiyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Karangmojo 02 dan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi .Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Karangmojo 02 disebabkan beberapa faktor, antara lain yaitu: faktor intelektual, faktor guru, faktor lingkungan, kurangnya motivasi, rendahnya minat baca siswa. Sedangkan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu : guru memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang mengalami kesulitan, guru menggunakan model pembelajaran yang menarik, membangun kerjasama yang baik dengan orang tua siswa, dan meningkatkan minat baca siswa.

Keywords

Analisis, Membaca Permulaan, Kelas 1

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.