The Use of the STAD Type Cooperative Learning Model to Improve Mathematics Learning Achievement in the Material of Addition of Fractions

Azaliyah Azaliyah

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan karena hasil belajar pada kompetensi dasar penjumlahan pecahan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih melakukan pembelajaran secara konvensional dan belum menggunakan model pembelajaran yang variatif sesuai dengan materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam kompetensi dasar penjumlahan pecahan kelas V SD Negeri Kalibeluk 02 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakasanakan pada bulan Februari, prestasi belajar dengan rata-rata 72,5 dengan tuntas belajar 62,5% (10 peserta didik) pada tahap siklus I. Demikian juga pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar dengan rata-rata 75,62 dan tuntas belajar sebesar 81,25% (13 peserta didik). Aktivitas guru terjadi peningkatan 8% dari 80% siklus I menjadi 88% siklus II. Begitu juga pada aktivitas peserta didik terjadi peningkatan sebesar 10% dari 76% disiklus I menjadi 86% disiklus II. Dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik meningkat 18,75% (3 peserta didik).

Keywords

Matematika, Model Pembelajaran STAD, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.