Implementation Of DRTA Strategy (Directed Reading Thinking Activity) In Learning Indonesian Language In Class V Students At SDN Kertasari 01, Brebes District

Wulan Mayangsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kertasari 01 Tahun Pelajran 2022/2021 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita anak. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi Directed Reading Thinking Activity. Penelitian Tindakan Kelas dibagi dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi pengamatan minat belajar siswa serta tes untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa pada setiap akhir siklus. Hal ini didukung oleh peningkatan minat belajar siswa pada siklus pertama yang menunjukan peningkatan. Siklus 1 29% siswa belum menunjukan minat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, 42% mulai menunjukan minat, 29% siswa secara konsisten menunjukan minat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada siklus 2 10% siswa belum menunjukan minat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, 25% mulai menunjukan minat, 65% siswa secara konsisten menunjukan minat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain terjadi peningkatan minat belajar siswa, peningkatan juga terjadi pada kemampuan membaca pemahaman siswa. Adapun peningkatan tiap siklus, pada tahap pra siklus tingkat ketuntasan siswa hanya mencapai 8 siswa (33,3%), 16 siswa (66,7%) mencapai ketuntasan pada siklus pertama, dan pada siklus ke dua terdapat 21 (87,5%) siswa mencapai ketuntasan minimum.

Keywords

strategi Directed Reading Thinking Activity, minat, kemampuan membaca pemahaman.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.