Increased Independence And Social Studies Learning Achievements Through The Mind Mapping Learning Model In Class IV Students At SDN Penangkan

T Miftachul Janah

Abstract

Hasil observasi di kelas IV SDN Penangkan menunjukkan kemandirian belajar siswa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di kelas IV SDN Penangkan. Subyek penelitian berjumlah 29 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Pada pertemuan di siklus I kemandirian belajar siswa memperoleh persentase 59%. Sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 86%. Prestasi belajar siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 62,0% dengan rata- rata 72,17, sedangkan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 89,6% dengan rata-rata 86,07%. Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Penangkan.

Keywords

Kemandirian, prestasi belajar, model pembelajaran mind mapping

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.