Application Of The Jigsaw Type Of Cooperative Learning Model In Improving Students' Cognitive Ability In Science Learning At Elementary School

Ririn Dwi Nurhidayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kogntif siswa serta aktifitas siswa dalam memahami materi ajar bumi dan alam semesta pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Coperative Learning tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. rata-rata kemampuan kognitif pada sklus I adlah 62,24 dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 80,48. Analisis lebih lanjut diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam menjawab soal jenjang kognitif C1 adalah 88,2% pada siklus I dan meningkat menjadi 94% pada siklus II. Jenjang kognitif C2 pada siklus I sebesar 95% meningkat menjadi 28% pada siklus II. Jenjang kognitif C3 pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 70% pada siklus II. Jenjang kognitif C4 pada siklus I sebesar 40% meningkat menjadi 50% pada siklus II. Jenjang kognitif C5 pada siklus I sebesar 40% meningkat menjadi 60% pada siklus II. Dan jenjang kognitif C6 pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 30% pada siklus II. Selain itu, aktifitas siswa dan aktifitas guru juga mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Keywords

Model Cooperative Learning tipe Jigsaw, Kemampuan Kognitif, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.