Application of the Project Based Learning Learning Model in Indonesian Language Subjects News Text Materials for the 2021/2022 Academic Year

Nur Hidayati

Abstract

Pelajaran bahasa Indonesia seringkali dianggap sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Padahal penguasaan bahasa memberikan pengaruh signifikan pada aspek kemajuan peradaban secara signifikan. Materi teks berita selama ini dianggap materi yang sepele dan dianggap tidak terlalu penting dan menjenuhkan. Hal demikian karena model penyampaian dilakukan secara konvensional atau metode ceramah. Materi teks berita sangat penting untuk menumbuhkan generasi yang melek literasi dan tidak mudah terpengaruh berita palsu. Penelitian ini hendak menerapkan model Project Based Learning (PjBL) pada materi teks berita Pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan gambaran yang jelas dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam materi teks berita sehingga dapat membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap maksud isi teks berita. Karateristik utama dari model PjBL yakni fokus pada konsep penting, proses inkuiri, terkait permasalahan nyata, menghasilkan produk, investigasi konstruktif, proyek bersifat realistik dan belajar berpusat pada siswa. Hasilnya PjBL cocok digunakan dalam materi teks berita karena bisa meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa.

Keywords

Project Based Learning, Bahasa Indonesia, Materi Teks Berita, Model Pembelajaran Interaktif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.