Improved Learning Outcomes Of Natural Science Lessons Through Problem Based Learning (PBL) Models

Julaiha Julaiha

Abstract

Hasil tes prasiklus menunjukkan dari 24 peserta didik yang mendapatkan nilai lebih dari KKM hanya 8 peserta didik (33 c/o) sementara 16 peserta didik (67 c/o) mendapatkan nilai dibawah KKM. Nilai rata-rata kelasnya adalah 61,25. Tujuan penelitian ini adalah (1) Memperbaiki proses pembelajaran;(2) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan dasar yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata kelas 65,83 dan ketuntasan belajar 58,33 %. Pada Siklus II, hasil belajar siswa juga meningkat. Rata- rata kelas menjadi 75,83 dan ketuntasan belajar menjadi 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tema Ekosistem Sub Tema Komponen Ekosistem Muatan Pembelajaran IPA di Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 SD Negeri Cikandang 01 Kersana Brebes.

Keywords

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.