Improving Science Learning Outcomes About The Water Cycle Process Through A Mind Mapping Learning Model Assisted By Media Images

Desy Arumndia Sari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran yaitu hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Baturan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten. Oleh karena itu guru berupaya melakukan perbaikan pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar ipa tentang proses daur air siswa kelas 5 SDN 1 Baturan. Penelitian perbaikan pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar. Perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 April 2019 sedangkan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Mei 2019. Teknik pengumpulan data melalui tes meliputi soal pilihan ganda, essai dan uraian dan foto dokumentasi. Hasil perbaikan siklus 1 diperoleh rata-rata nilai hasil tes 72,4 dengan ketuntasan klasikal 40%. Hasil perbaikan siklus 2 diperoleh rata-rata nilai hasil tes 81,35 dengan ketuntasan klasikal 75%. Penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN 1 Baturan pada pelajaran IPA tentang proses daur air.

Keywords

Mind mapping, media gambar, daur air

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.