Application of the Experimental Method in Improving Science Learning About Magnetic Force In Class V

Supraptiningsih Supraptiningsih

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Kemiri pelajaran IPA materi gaya magnet menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan selama ini belum mencapai hasil yang maksimal. Batas nilai KKM IPA yang telah ditentukan sekolah adalah 70. Banyak siswa yang belum tuntas hasil belajarnya adalah sebanyak 12 siswa dari 21 siswa. Ke- 12 siswa tersebut masih memiliki nilai hasil belajar IPA dibawah nilai standar yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Kemiri pada pelajaran IPA materi gaya magnet metode eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus perbaikan pembelajaran, dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar siklus 1 sebesar 61 %, siklus 2 sebesar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya magnet pada siswa kelas V SD Negeri 3 Kemiri.

Keywords

Metode Eksperimen, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.