Application of the Guess Learning Model In Improving Students' Learning Outcomes In Social Sciences (IPS) Subjects

Novi Yuliasari

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPS (Studi dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas V SDN Cikadu Kecamatan Palabuhanratu) Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran tebak kata pada peserta didik kelas V SDN Cikadu Palabuhanratu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Cikadu Palabuhanratu Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 24 peserta didik. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran tebak kata pada mata pelajaran IPS setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti, dan akhir pada setiap siklusnya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Cikadu. Dari data siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V SDN Cikadu adalah 72,12 dengan presentase ketuntasan belajar peserta didik adalah 58,33. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas V SDN Cikadu meningkat menjadi 79,38 dengan presentase ketuntasan hasil belajar adalah 91,67%. Hasil ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik khsusnya mupel IPS kelas V SDN Cikadu.

Keywords

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tebak Kata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.