Role Playing Learning Models In Learning Ips In Elementary School

Harry Prasetya

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar, melalui perencanaan yang telah tersusun dengan memperhatikan berbagai aspek, guna mengembangkan berbagai macam potensi yang ada. Pendidikan terdiri dari beberapa komponen salah satunya proses pembelajaran. Guru memegang peranan penting dalam menciptakan kegiatan pembelajaran oleh karena itu guru harus mampu menerapkan model-model pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan, sehingga akan tercipta pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran IPS di SD biasanya menuntut siswa untuk banyak membaca dan menghafal materi pelajaran, sehingga membuat siswa kurang paham dan proses pembealajaran terasa monoton. Guna mengatasi permasalah tersebut, diperlukan model atau kegiatan pembelajaran yang mengedepankan proses belajar dan mengutamakan aktifitas menyenangkan siswa di dalam kelas atau sering dikenal dengan istilah student centered. Tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran role playing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan terutama keterampilan sosialnya. Melalui model pembelajaran role playing diharapkan peserta didik memiliki pengetahuan dan pengalaman yang bermakna yang berkaitan dengan diri peserta didik serta lingkungan sosial peserta didik khususnya dalam memahami dan menerapkan materi-materi dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

 

Keywords

Pembelajaran, Model Role playing, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.