Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Kartu Huruf dan Kartu Suku Kata di Sekolah Dasar
Abstract
Peserta didik di kelas I SDN Kalijoso masih banyak yang belum mampu membaca dan menulis dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf di kelas I SDN Kalijoso dan meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam meningkatkan kemampuan mengenal membaca dan menulis permulaan di kelas I SDN Kalijoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi ), dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf dalam kegiatan pembelajaran ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus pertama sampai siklus ketiga dan terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.