Growing Students' Learning Motivation by Applying the Make a Match Model
Abstract
Belajar berkaitan dengan motivasi, motivasi belajar akan timbul dengan suasana kelas yang menyenangkan. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan yaitu dengan penerapan model model pembelajaran salah satunya model kooperatif tipe make a match . Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk mengembangkan motivasi belajar anak usia dini usia 7-8 tahun di SD Negeri 03 Telukpinang 03 kab Bogor Jawa Barat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk mengembangkan motivasi belajar anak usia dini usia 7-8 tahun di SD Negeri 03 Telukpinang 03 Kab Bogor Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa. Alat pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk mengembangkan motivasi belajar anak usia dini usia 7-8 tahun di SD Negeri 03 Telukpinang 03 Kab Bogor Jawa Barat bahwasanya guru belum sepenuhnya menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match sesuai dengan teori. Dari 9 langkah langkah permainan yang ada hanya 6 langkah yang diterapkan, hal ini disebabkan oleh waktu yang kurang mencukupi. Seharusnya untuk hasil yang maksimal guru harus menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match sesuai dengan teori yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.