Peserta Didik Aktif dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Suci Ratna Puji Rahayu

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar peserta didik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model problem based learning. Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran dimana authenticassesment dapat diterapkan secara komprehensif, sebab didalamnya terdapat unsur menemukan masalah dan sekaligus memecahkannya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Problem Based Learning. Karakteristik atau ciri dari pembelajaran Problem Based Learning yaitu: (1) pembelajaran yang berpusat pada siswa dan difasilitasi oleh guru; (2) terdapat penggalian, penyelidikan dan penyelesaian masalah yang otentik; (3) terkait dengan berbagai disiplin ilmu; (4) adanya hasil/karya dari pembelajaran; (5) terjadi kerjasama antar peserta didik. Langkah-langkah dalam pembelajaran Problem Based Learning sangat menonjolkan keaktifan peserta didik.

Keywords

Problem Based Learning, Active Students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.