Pembelajaran Tematik Berorientasi Hots Melalui Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas VI SDN Panulisan Timur 03

Wati Rosmawati

Abstract

Tujuan penulisan Best Practice ini adalah: 1) Untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta didik dan memacu berpkir peserta didik dalam pembelajaran tematik integratif yang berorientasi pada HOTS; 2) Meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran tematik integratif yang berorientasi HOTS. Kegiatan yang dilaporkan dalam laporan Best Practice ini adalah kegiatan pembelajaran tematik di kelas VI untuk pasangan KD IPA dan Bahasa Indonesia. Metode atau cara yang digunakan dalam pelaksanaan Best Practice ini adalah menerapkan pembelajaran tematik terpadu dengan model pembelajaran Discovery Learning. Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan Best Practice yang telah dilakukan penulis adalah sebagai berikut: 1) Pemetaan Kompeten Dasar (KD), Pemetaan KD dilakukan untuk menentukan pasangan KD yang dapat diterapkan dalam pembelajara tematik. Berdasarkan hasil telaah KD yang ada di kelas VI, penulis memilih tema Menjelajah Angkasa Luar untuk membelajarkan pasangan KD 3.7-4.7 muatan IPA; KD 3.7-4.7 muatan Bahasa Indonesia di kelas VI semester 2; 2) Perumusan Indikator Pencapaian Kompetesi; 3) Pemilihan Model Pembelajaran, model pembelajaran yang dipilih adalah Discovery Learning; 4) Merencanakan kegiatan Pembelajaran sesuai dengan Model Pembelajaran. Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan merinci kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintak Discovery Learning.

Keywords

Pembelajaran tematik berorientasi HOTS, Model Discovery Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.