Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas 4 SDN Wonokerso 3 Kedawung Sragen

Ariana Pratitis Widyasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Wonokerso 3 Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas 4 SDN Wonokerso 3 Kedawung yang berjumlah 28 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Problem Based Learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar matematika antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 13 siswa atau 44% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau 64% yang tuntas belajar matematika dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa yang tuntas belajar matematika atau 90%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 80% dari seluruh siswa dengan KKM ≥ 70.

Keywords

Hasil Belajar Matematika,Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.