Teachers' Efforts To Improve Student Learning Outcomes in Science Subjects Through The PBL Model
Abstract
Didin Tajudin, guru SD di SDN Citiis, mengangkat model pembelajaran berbasis masalah dengan judul “Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran Berbasis Masalah adalah pembelajaran berbasis masalah yang bercirikan masalah nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Secara sederhana, hasil belajar siswa diartikan sebagai kemampuan yang diperoleh setelah melalui tahapan pembelajaran karena bentuk usaha seseorang memperoleh perubahan tingkah laku yang relatif permanen, sehingga mendorong terjadinya proses belajar pada siswa. Pelaksanaan penelitian ini di kelas VI SDN CITIIS di Kecamatan Cigombong, mata pelajaran yang menjadi objek penelitian adalah Ilmu Pengetahuan Alam. dalam dua siklus dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penilaian ini adalah teknik observasi dan tes prestasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.