Analisis Kesulitan Guru Dalam Pengembangan RPP Tematik
Abstract
Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan RPP Tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru dalam pengembangan RPP Tematik serta mendeskripsikan factor penyebab kesulitan guru dalam mengembangkannya. Metode penyelidikan ini menggunakan studi kepustakaan, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan 4 tahapan, yaitu analisis domain, taksonomi, kompensial, dan analisis tema kultur. Berdasarkan hasil kajian ditemukan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam mengembangkan RPP Tematik adalah guru belum memahami konsep RPP yang diamanatkan dalam kurikulum 2013 (k-13): guru sulit menentukan indicator dan tujuan pembelajaran: serta sulit menentukan dan membuat format penilaian. Factor penyebab kesulitan tersebut adalah : tidak mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran K-13: sarana dan prasarana yang kurang memadai: kurang tersedianya bahan ajar. Berdasarkan hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa dengan mengikuti pelatihan K-13 guru dapat mengembangkan RPP Tematik. Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan penyediaan bahan ajar yang sesuai dengan jumlah siswa adalah cara mengatasi kesulitan guru dalam mengembangkan RPP Tematik.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.