Improvement Of Beginning Reading Skills Trough Scramble Model With Letter Card Media for Class 1 Students at SDN Noborejo 02 Salatiga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui model permainan kartu huruf dengan bantuan media kartu pada peserta didik kelas I SDN Noborejo 02 kota Salatiga. Mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik kelas I SDN Noborejo 02 Salatiga dalam pembelajaran keterampilan menulis permulaan bahasa Indonesia. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak peserta didik kelas I SDN Noborejo 02 Salatiga dalam pembelajaran keterampilan membaca dalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik siklus I memperoleh skor rata-rata 2,5 dalam kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata 3,16 dalam kategori sangat baik. Pada siklus III diperoleh rata-rata 3,78dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I persentase ketuntasannya sebesar 50%. Siklus II persentase ketuntasan mencapai 75%. Siklus III persentase ketuntasan mencapai 100%. Kesimpulan akhir dari hasil belajar menggunakan metode kartu huruf adalah adanya peningkatan peserta didik di SDN Noborejo 02 meningkat signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.