Efforts to Increase Students' Learning Interest Through Experimental Methods in Learning Energy Materials Science

Setiyo Budi Susanto

Abstract

Belajar adalah suatu aktivitas untuk menghasilkan perubahan pada diri individu. Bahwa perubahan yang diharapkan itu berupa kemampuan-kemampuan baru dalam memberikan respon terhadap stimulus yang diterima (Masyhuri H. P., 1990: 52). Perumusan belajar dari E.R Hilgart learning is the process by which an activity or is changed throught training procedures. Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan yang mungkin membuahkan atau menghasilkan pola kelakuan tertentu (yang telah dimiliki sebelumnya) tetapi mungkin pula merubah pola kelakuan (yang telah dimiliki sebelumnya). Berdasrkan penelitian pada siklus pertama sudah menunjukkan perbaikan yang cukup berarti, baik tingkat ketuntasan belajar maupun aspek minat belajar siswa. Siswa yang tuntas belajar pada siklus pertama 61,70% berarti naik 29,79 % dari studi awal, siswa yang berminat positif sebanyak 55,31%. Perubahan pendekatan belajar ini telah membantu meningkatkan angka keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus kedua, selain kegiatan pembelajaran juga dilaksanakan kegiatan bimbingan secara intensif. Sehingga hasil belajar dan minat belajar siswa dapat mencapai kriteria yang ditetapkan. Tingkat ketuntasan pada siklus kedua ini mencapai 93,48 % berarti masih ada 6,52 % siswa yang belum tuntas belajar, sedangkan minat belajar positif siswa sudah mencapai 93,48 % berarti tinggal 6,52 % saja yang masih belum menunjukkan minat positif.

Keywords

belajar, keaktifan siswa dan minat belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.