Increasing Learning Outcomes of Indonesian Cultural Diversity Materials Using Learning Videos in V Grade Students of SDN Karanganyar 01 Study Year

Elisa Yuni Widayanti

Abstract

Dalam proses pembelajaran di kelas, setiap guru SD berperan sebagai pengajar dan pembimbing yang wajib melakukan layanan bimbingan belajar baik secara kelompok maupun secara individual. Hal ini dimaksudkan agar hasil belajar yang dicapai siswa dapat memenuhi kreteria pencapaian tujuan instruksional yang diharapkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan bagaimanakah Media Video dapat meningkatkan hasil belajar Tematik di SD Negeri Karanganyar 01. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. teknik pemeriksaan data yang dilakukan adalah dengan trianggulasi data, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi dengan sumber. Analisis data peneliti lakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi terhadap proses dan hasil belajar siswa Media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema 5 sub tema 3 pembelajaran 3 pada siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 01. Pada siklus 1 presentase pencapaian hasil belajar 70% siklus II pencapaian hasil belajar 100%

Keywords

Penerapan Media Video, Hasil Belajar Tematik Kelas V

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.