Application of the PBL Model to Improve Learning Outcomes and Student Activity in Indonesian Elementary School Class III

Novi Krisnia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa kelas III SD Negeri Majasto 02. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Majasto 02, (2) meningkatkan keaktifan siswa kelas III SD Negeri Majasto 02 melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (3) meningkatkan hasil belajar kelas III SD Negeri Majasto 02 melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan ditinjau dari kondisi awal dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 39%. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 59%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan capaian rata-rata nilai yaitu 89% disimpulkan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Majasto 02 dalam pembelajaran.

Keywords

Problem Based Learning, hasil belajar, keaktifan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.