Improving Student Learning Outcomes with The Application of Concrete Objects Media and Learning Videos on Fractions for Class 2 SD Negeri 3 Tanjungrejo

Mahmudah Mahmudah

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap muatan pelajaran matematika materi pokok pecahan sederhana kelas 2 SD Negeri 3 Tanjungrejo dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga hasil belajar siswa kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media benda konkret dan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes atau evaluasi dan teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Dengan menerapkan media benda konkret dan video sangat berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti setelah diadakan perbaikan pembelajaran sebanyak 2 siklus, dari nilai rata-rata tes evaluasi pada siklus 1 hanya 71,1 dan presentase ketuntasan dari 9 siswa hanya 5 siswa atau 55,6% telah tuntas dan masih 4 siswa atau 44,4% belum tuntas. dan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran siklus 2 nilai rata-rata tes evaluasi meningkat menjadi 86,7 dan presentase ketuntasan 8 siswa atau 88,9% sudah tuntas dan masih ada 1 siswa atau 11,1% belum tuntas. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media benda konkret dan video dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Keywords

Media, Pecahan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.