Application of Problem Based Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Science Subjects

Kenang Afkari Dzikro

Abstract

Artikel ini sebagai kajian literature review bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatkan hasil belajar disebabkan karena oleh beberapa faktor yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning yang dapat melatih siswa berpikir tingkat tinggi, penerapan model pembelajaran problem based learning tidak hanya memahami dan menyelesaikan masalah namun siswa juga bisa menggali pengetahuan dan keterampilannya sendiri, dan adanya peningkatan hasil belajar dari perubahan tingkah laku melalui proses belajar ini dilakukan dengan menggunakan sintaks dari model problem based learning. Pembelajaran IPA lebih menekankan pada ketrampilan proses agar siswa dapat lebih mudah memahami tentang pembelajaran IPA. Setiap siswa yang belajar dengan mengunakan model problem-based learning mendapatkan suatu pengalaman belajar langsung, konsep baru serta siswa membuat penalaran atas sesuatu yang telah diketahui dan apa yang dibutuhkan dalam pengalaman belajar. Berdasarkan hal tersebut penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA.

Keywords

Model Problem Based Learning, hasil belajar, pelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.