Efforts to Increase Learning Outcomes in Mathematics of Fraction Materials Through the Problem Based Learning Model for Participants of Class V SD Negeri 01 Pulosari Regency, Pemalang year 2021/2022

Fahrudin Fahrudin

Abstract

Upaya Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas V SD Negeri 01 Pulosari Kabupaten Pemalang Tahun 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model Problem Based Learing hasil belajar dan keaktifan peserta didik dapat meningkat. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Pulosari dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai menggunakan lembar observasi siswa serta tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas V SD Negeri 01 Pulosari pada tahun pelajaran 2021/2022. Ketuntasan klasikal pada pra siklus 50%, pada siklus I sebesar 75%, pada siklus II sebesar 93%. Jadi, melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pecahan perkalian di kelas V SD Negeri 01 Pulosari pada tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords

problem-based learning, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.